Tuesday, August 4, 2020

Indikator Keberhasilan Produksi Massal

 Indikator keberhasilan produksi massal merupakan bagian dari kegiatan manajemen produksi. Untuk dapat menilai suatu perusahaan berhasil atau tidak, cara yang paling mudah adalah melihat laba atau keuntungan perusahaan. Perusahaan dikatakan berhasil apabila memperoleh keuntungan dalam kegiatannya. Sedangkan untuk menilai seberapa besar keberhasilan tersebut, perlu indikator-indikator tertentu untuk menilainya. Indikator-indikator tersebut ditinjau dalam bentuk ukuran kinerja perusahaan. Beberapa ukuran kinerja yang perlu dilihat sebagai tolok ukur keberhasilan produksi massal diantaranya adalah:

1.      Ukuran Kinerja Manajemen Produksi

a.     Produktivitas 

Salah satu ukuran dari kinerja manajemen produksi adalah Produktivitas. Produktivitas yang dimaksud disini bukan hanya seberapa besar output perusahaan. Tetapi lebih kepada tinjauan seberapa efektif perusahaan menggunakan segala sumberdaya yang dimiliki untuk mendapatkan hasil yang diharapkan. Produktivitas dikatakan meningkat apabila terjadi peningkatan produksi dengan efisiensi penggunaan sumberdaya yang lebih baik. Produktivitas dalam kegiatan produksi massal ini sangat berpengaruh pada tingkat keuntungan perusahaan.

b.     Kapasitas Produksi

Kapasitas produksi yang dimaksud adalah kemampuan maksimal yang dapat dicapai oleh kegiatan produksi. Kapasitas produksi dalam suatu perusahaan ditentukan oleh banyak faktor, seperti kapasitas mesin, kapasitas tenaga kerja, kapasitas bahan baku dan kapasitas modal. Dalam kegiatan produksi massal, sinergi atau hubungan antara faktor-faktor tersebut sangat dibutuhkan.

c.     Kelancaran Alur Pengiriman

Produk-produk hasil kegiatan produksi harus segera didistribusikan oleh bagian pemasaran kepada semua retailer/agen/distributor produk. Kelancaran dan kecepatan pengiriman hasil produk ini menggambarkan keberhasilan manajemen produksi dalam menjalankan perannya. Pada kegiatan produksi massal, dimana perusahaan berusaha menghasilkan produk sebanyak-banyaknya, maka kecepatan dan kelancaran arus pengiriman sangat dibutuhkan agar kegiatan produksi dapat terus berjalan tanpa terjadi penimbunan produk.

d.    Konsistensi Kualitas Produk

Masalah yang sering muncul pada produksi massal adalah konsistensi kualitas produk. Manajemen produksi yang baik harus mampu menjamin kualitas produk dari kegiatan produksi massal tidak berubah dari waktu ke waktu. Kualitas produk yang dihasilkan harus selalu sesuai dengan standar produksi yang telah ditetapkan. Hal ini juga sebagai upaya untuk selalu menjaga kepuasan konsumen.

e.     Kecepatan Proses Produksi

Kecepatan proses produksi menjadi indikator kelancaran dari proses produksi itu sendiri. Kecepatan proses produksi menunjukkan bahwa kegiatan produksi berjalan dengan baik tanpa ada kendala di dalamnya.

f.       Fleksibilitas

Layout atau tata letak  mesin dan alur produksi diatur sedemikian rupa sehingga kegiatan produksi mampu menghasilkan beberapa varian produksi tanpa perubahan yang signifikan. Sehingga perusahaan dapat memenuhi beberapa selera konsumen yang berbeda tanpa adanya perubahan biaya dan waktu secara signifikan pula.

2.     Ukuran Kinerja Sistem Produksi

a.     Biaya Produksi

Biaya produksi meliputi semua biaya yang muncul akibat dari proses untuk menghasilkan produk atau jasa. Untuk menghasilkan produk atau Jasa yang terjangkau oleh konsumen, diperlukan perhitungan biaya seefisien mungkin dari semua faktor biaya yang mungkin timbul.

b.     Kualitas Produk atau Jasa

Dalam menentukan pilihannya, konsumen tidak hanya melihat pada harga yang ditawarkan. Kualitas produk/jasa juga menjadi bahan pertimbangan pula. Sehingga ukuran kualitas produk/jasa juga harus mempertimbangkan harga yang ditawarkan. Ukuran kualitas produk/jasa harus disesuaikan dengan selera konsumen bukan standar yang ditetapkan oleh produsen secara sepihak. 

c.     Kualitas Pelayanan

Berikut ini beberapa hal yang dijadikan pertimbangan konsumen dalam menentukan pilihannya terhadap suatu produk/jasa:

1.         Ketersediaan Produk/Jasa. Konsumen cenderung memilih produk yang telah tersedia daripada harus menunggu ketersediaan produk/jasa yang dibutuhkannya.

2.        Kemudahan mendapatkan produk. Konsumen selalu berpikir praktis. Konsumen cenderung memilih barang/jasa yang mudah mereka dapatkan. 

3.        Kecepatan pelayanan. Kecepatan pelayanan yang diharapkan oleh konsumen adalah kecepatan dalam pengiriman maupun kecepatan dalam penyediaan/membuat/memproses  produk/jasa yang dikehendaki.

3.     Ukuran Kinerja Produktivitas Mesin

Kinerja Produktivitas mesin diukur melalui 3 indikator yaitu: availability (ketersediaan), performance (kinerja), dan quality (kualitas). Availability 100% artinya mesin produksi selalu tersedia dan tidak pernah berhenti beroperasi sesuai waktu perencanaan produksi. Performance 100%, artinya mesin produksi dapat bekerja cepat dan tepat sesuai dengan rencana produksi. Quality 100% artinya tidak terdapat kerusakan atau cacat produk selama proses produksi berlangsung.


30 comments:

  1. Alhamdulillah, terimakasih materinya pakguru

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, terimakasih materinya sangat membantu pak guru

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah, terima kasih atas materi nya pak, semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah,terimakasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah terima kasih pak materinya

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah terima kasih pak materinya

    ReplyDelete
  7. alhamdulillah terimakasih materinya pak

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah , terimakasih pak guru buat materi yang di berikan kepada kita semua , ini sangat membatu kita walaupun sekolah lewat daring smoga materi yang diberikan bisa di pahami

    ReplyDelete
  9. Alhamdulilah,terimakasih materinya pak

    ReplyDelete
  10. Alhamdulillah, terimakasih pak materinya

    ReplyDelete
  11. Alhamdulillah. Terima kasih atas materinya Pak, ini sangat membantu dan menambah pengetahuan pembaca.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah terimakasih atas materi nya pak

    ReplyDelete
  13. Alhamdulilah terimakasih materinya pak

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah, Terima Kasih atas materinya pak

    ReplyDelete
  15. Alhamdulillah. Terimakasih materinya pak, sangat membantu dan menambah pengetahuan bagi pembaca

    ReplyDelete
  16. Terima kasih untuk materinya pak

    ReplyDelete
  17. Terimakasihbpak materinya sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  18. Terimakasih pak materinya sangat lengkap dan mudah dipahami

    ReplyDelete
  19. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete